Rabu, 04 Juli 2007

Dokter Udin


Di kartu namanya cuma tercantum nama Dr. Udin. Alamatnya RSU Rawalumbu Bekasi. Telponnya 82422511. Cuma itu. Tidak ada embel-embel jabatan apa-apa pada kartu namanya. Wajahnya juga tidak potongan orang kaya perkotaan :). Dia juga "hanya" dokter umum, bukan dokter spesialis.

Tapi siapa yang sangka kalau pak dokter ini adalah pemilik RSU Rawalumbu, sebuah rumah sakit yang relatif masih baru tapi pasiennya selalu melimpah. Tidak pernah sepi. Pelayanannya tidak kalah dengan rumah sakit swasta besar di Jakarta.

Yang juga menarik dari dokter Udin adalah namanya dikenal orang seluruh kecamatan. Anda tidak akan susah mencari Dokter Udin. Tinggal tanya tukang ojek atau siapa saja yang tinggal di Rawalumbu pasti ditunjukkan tempat pak dokter ini.

Karena segmennya penduduk Rawalumbu rumah sakit ini memang tidak besar. Berdasarkan data BPS tahun 2003 jumlah penduduk kec Rawalumbu hanya 66.415 orang (kalau sekarang jelas sudah di atas 100 ribu jiwa). Meski tidak besar tapi pelayanan yg diberikan cukup profesional. Fasilitas lab dan penunjang medik juga cukup lengkap.

Sebenarnya di Rawalumbu sudah ada rumah sakit yg cukup besar dan megah (kalau dilihat dari fisik bangunannya) tapi entah mengapa rumah sakit besar ini sudah tidak beroperasi karena kurang pasien. Yang mengherankan pasien RS Rawalumbu malah makin banyak saja. Tempat rawat inap juga lengkap dari kelas VIP sampai kelas 3.

Lho, saya kok malah iklan ya...:) Saya sebenarnya cukup penasaran dengan pak dokter Udin ini. Bagaimana seorang dokter umum bisa mempunyai sebuah rumah sakit yang lengkap dan membawahi banyak dokter spesialis.

Dari info yg saya dapat Dokter Udin ini sebenarnya juga manusia :). Dulunya dia hanya praktek biasa di Rawalumbu. Yang membedakan barangkali pelayanannya. Dulu Dokter Udin tidak pernah menolak kalau dia harus mendatangi pasien yg sakit, pasien yang susah pergi ke dokter karena kondisinya. Dia juga bersedia dipanggil pasiennya 24 jam. Tidak pernah membedakan orang. Pasien miskin pun didatanginya kalau perlu. "Orangnya baik sekali padahal dulu hidupnya juga susah," kata tukang ojek dekat rumah saya menceritakan sosok dokter ini.

Dan yang terpenting, dia selalu mampu memberi sugesti positif kepada pasiennya. Energi positifnya kuat sekali sehingga pasien yang datang bisa cepat sembuh. Anak-anak saya kalau sakit cepat sekali sembuhnya setelah disentuh pak dokter ini. Ternyata tetangga2 saya juga sama. Penyakitnya cepat sembuh kalau sudah disentuh pak dokter Udin.

Kalau memberi obat juga biasa dengan obat generik. Saya yakin demikian karena ongkos yang harus saya keluarkan kalau berobat ke RS Rawalumbu jauh lebih murah dibanding tempat lain.

Barangkali track record inilah yang membuat Dokter Udin begitu dikenal dan disegani. Suka menolong orang, tidak membedakan kaya-miskin, mampu memberi energi positif (sugesti) yg besar kepada tiap pasiennya. Maka sudah selayaknya kalau sekarang dia menikmati hasilnya. "Apa yang kita alami sekarang adalah akumulasi dari perbuatan kita sebelumnya, maka mulailah menabur kebaikan hari ini, saat ini!" kata Andrie Wongso.

3 komentar:

  1. dan saat ini beliau sedang menghadapi cobaan.

    BalasHapus
  2. Semakin tinggi derajat seseorang ujiannya juga semakin berat. Alhamdulillah Beliau sudah lulus dalam "ujian"nya...

    BalasHapus
  3. Doketr udin memang terkenal dengan dokter yang ramah dan tidak sombong, dahulu beliau memiliki klinik bernama "SUGIH MUKTI", dibalik itu semua Dokter muda ini memiliki istri yang Ramah pula, dengan logatnya yang sunda, beliau selalu menyapa para pasien dikala berobat maupun di luar jam prakteknya.
    Dahulu saya merupakan pasien beliau, kalau bisa dibilang beliau dokter yang menyunat saya. saya bangga di daerah saya ada dokter yang seramah beliau, semoga beliau menjadi panutan untuk dokter-doktert lainnya.
    ada 1 dokter lagi yang prakter di RSU RW Lumbu yang bernama Dokter Waluyo. beliau dokter spesialis penyakit dalam, yang kebetulan menjadi dokter langganan orang tua saya. dokter tersebut tak kalah ramah dengan dokter Udin.

    Thank's

    Urip

    BalasHapus