Jumat, 30 Mei 2008

Saatnya Kolaborasi

"Pak, bisa bikin kursi teras, model kursi sedan, sandaran dan dudukan rotan, rangka kursinya dibatik nuansa hijau. Mejanya bulat, tengahnya rotan, rangka meja dibatik juga."

Itulah sms yang saya terima hari Sabtu lalu. Ada dua hal yang membuat saya merasa sangat tertantang dengan permintaan tersebut.

Pertama, yang memesan produk itu adalah seorang pelanggan yang dulu pernah memesan furnitur batik kepada kami. Dulu pelanggan ini berani mengambil resiko memesan produk yang sama sekali baru dan eksklusif.

Furnitur batik yang dulu dipesan adalah sebuah meja televisi dengan desain yang customized. Desain yang sesuai dengan permintaannya. Saat itu kami sama sekali belum pernah membuat furnitur seperti itu.

Antara khawatir dan was-was kami memberanikan diri menerima tantangan itu. Saat itu yang membuat kami khawatir adalah kalau produk pesanan yang kami buat tidak sesuai dengan harapan konsumen. Apalagi nilainya tidak kecil.

Beberapa hari setelah pesanan kami serahkan, tidak ada komentar apa pun mengenai kualitas buatan kami. Email yang saya layangkan tidak berbalas... Pasrah.

Dan ketika Sabtu lalu sang pelanggan melakukan pesanan lagi, pesanan yang customized, ada rasa bahagia yang sukar diucapkan. Itu artinya kualitas buatan kami cukup memuaskan harapannya.

Yang kedua, inilah saatnya kami melakukan kolaborasi dengan produsen furnitur rotan. Kolaborasi demi melayani pelanggan.

Saya berhasil menemukan produsen furnitur rotan setelah membongkar file-file lama. Saya mendapatkannya ketika setahun lalu saya mengunjungi pameran Inacraft di jcc. Apa yang saya temukan setahun yang lalu ternyata ada manfaatnya di kemudian hari...

1 komentar:

  1. A fact which contributes to better thomas sabo charms sale feedback and to a betterment of the evaluation and teaching process. cheap thomas sabo charms Additionally, not having the time and mental thomas sabo charm pressure to correct relieves anxiety discount thomas sabo charms from teachers and leaves them better prepared thomas sabo charm clearance to manage other complex professional tasks. thomas sabo charms uk Gone are the days when one had to go early thomas sabo sale uk in the day or late in the evening to get the wholesale thomas sabo online flea market merchandise at thomas sabo sale reasonable and affordable prices. thomas sabo jewellery Single parent's expensive jewelry.

    BalasHapus