Sabtu, 24 April 2010

Carilah Partner tak "Sepaham"


Apakah judul di atas mengherankan? Apakah tidak ada yang salah dengan judul itu?

Pertanyaan-pertanyaan itu bisa dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan lain, misalnya bagaimana mungkin kita disuruh mencari partner yang bertolak belakang dengan keinginan kita? Mana bisa tujuan bisa dicapai kalau tim tidak sejalan dengan keinginan kita?

Saya masih ingat dengan cerita James Gwee (mudah-mudahan semua sudah tahu siapa James Gwee itu). Sewaktu baru saja lulus dari perguruan tinggi dia dan kawan-kawannya bermaksud membuka bisnis.

Dengan semangat yang membara James bertekad menjadi pengusaha. Dia kumpulkan teman-teman seide untuk mewujudkan mimpi bersama. James merasa beruntung menemukan teman yang selalu seide. Hampir semua usulannya diterima.

Singkat kata bisnis yang dijalani berjalan dengan cepat melesat. Sebagai orang yang mempunyai banyak ide dia selalu disupport oleh mitra kerjanya. Berbagai produk baru terus diciptakan. Temannya juga selalu menciptakan produk-produk baru. Kreasi yang terus muncul menjadikan perusahaan cepat dikenal dan terkenal. Tetapi, nyawa perusahaan ini ternyata hanya seumur jagung. Dengan waktu yang tidak lama perusahaan yang melesat cepat itu akhirnya harus runtuh dan tutup buku.

Di kemudian hari James Gwee baru menemukan jawabnya. Sebab utamanya adalah perusahaan mereka dijalankan oleh orang yang punya tipe yang sama. James dan kawannya punya tipe kreator. Mereka terus menciptakan produk baru. Mereka selalu bertemu dengan klien. Namun mereka tidak mempunyai orang yang mengurus perusahaan dengan baik, teliti, detil, dan njlimet dengan angka-angka. Mereka tidak punya orang yang tipenya supporter.

Pelajaran yang bisa diambil adalah kita seharusnya mengenali tipe diri kita. Roger Hamilton sudah membuat klasifikasi manusia menjadi 8 tipe kepribadian (Creator, Star, Supporter, Deal Maker, Trader, Accumulator, Lord, Mechanic). Ke 8 tipe ini bisa menjelaskan hampir semua kepribadian manusia dan pekerjaan yang paling optimal untuk masing-masing tipe.

Beberapa hari lalu di milis TDA kita membaca keluhan salah seorang sahabat yang omset tokonya merosot tajam setelah ditinggalkan pagawainya. Padahal biasanya omset selalu naik dari hari ke hari.

Untuk sebuah usaha yang dijalankan secara offline (seperti toko) maka sangat menentukan bagaimana kita memilih pegawai yang dijadikan ujung tombaknya. Pegawai yang banyak bicara, supel, pinter ngajak bicara orang lain, pinter nggodain customer, sangat vital peranannya. Pokoknya pegawai yang tipenya mirip Dorce adalah jaminan (meski tidak 100%) bahwa usahanya akan sukses. Tipe Dorce adalah kalau dia ngerjain orang, yang dikerjain tidak mungkin marah.

Saya mempunyai famili yang tipenya introvert, tidak suka bertemu dengan banyak orang. Dia punya usaha yang dijalankan secara offline. Karena menyadari bahwa dirinya tidak bisa ngajak omong orang lain yang belum dia kenal, maka dia merekrut familinya yang tipenya ramai, banyak omong, ramah, mudah gaul untuk dijadikan ujung tombak pemasaran produknya. Padahal famili saya ini tidak pernah kenal dengan orang yang bernama Roger Hamilton.

Suatu saat dia ditawari mengadakan pameran di sebuah mal yang masih sepi. Saking sepinya mal itu dia dibebaskan dari biaya sewa tempat. Hampir semua peserta pameran mengeluh sepi karena sedikitnya pengunjung yang datang. Tetapi khusus famili saya, omsetnya cukup bagus dan terus naik, Ini karena ujung tombaknya adalah orang yang tipenya pas dengan medannya.

Sedangkan kalau usaha itu dijalankan secara online tentu saja diperlukan orang dengan tipe yang berbeda.

Manusia adalah makhluk unik. Satu orang dengan yang lain tidak sama. Tidak ada manusia yang sempurna. Kekurangan yang dimiliki satu orang bisa ditutupi oleh orang lain yang punya tipe dan watak yang berbeda.

Ibaratnya puzzle (sepeti foto di atas), puzzle itu akan membentuk sebuah bangun yang sempurna kalau tonjolan salah satu unsurnya bertemu dengan lekukan unsur yang lain. Terus menerus seperti itu. Kekurangan unsur yang lain dipertemukan dengan kelebihan unsur lainnya. Saling lengkap-melengkapi inilah yang akhirnya membentuk puzzle menjadi sebuah bangun yang sempurna.

Maka kalau usaha kita ingin berhasil kenalilah tipe diri kita dan carilah partner yang tidak "sepaham" alias berbeda dengan kita. Partner yang saling melengkapi dan menutup kekurangan masing-masing...

4 komentar:

  1. Bravo! Top banget tulisannya, terima kasih sudah memberikan inspirasi :)

    BalasHapus
  2. If the links to not links london lead to the maximum increase in traffic discount links of london then what value would the links truly links of london silver possess. They would end up being little more than window dressing at worst and minimally impactful links of london sale at best. That is not what a new online business links london jewellery looking for a spike in revenues would wish to links london bracelet yield.Also, when you are running a new business, your london links charms time will limited as there will be scores of other responsibilities links of london watches sale competing for your time. That means you won't be able to discount links of london rings do what is necessary to individually place your own links on cheap links of london necklaces the internet. Rather than do so, you could buy links and delegate the work to others.

    BalasHapus
  3. I have spent most of my life in Kenya,tory burch East Africa I was intrigued to hear MBT shoes,tory burch shoes otherwise known as Masai Barefoot Technology.MBT shoes are most definitely not a fashion statement and can look a bit odd. tory burch outlet Invented in 1997 by Swiss Engineer Karl Mueller, Mbt's are seen as a highly performing aid to fitness. cheap tory burch MBT's are designed to be breathable, flexible and comfortable. tory burch boots The MBT shoes uniquely mbt designed sole, very similar to the 'tyre shoes' often worn by East African Tribal people, are said to mimic walking around barefoot in the sand.tory burch flip flops MBT shoes are slightly weighted and distribute weight evenly across the entire foot and as your body reacts to the weight and instability of the mbt shoe's sole design, muscles,tory burch handbag often those neglected, are made to work to correct this instability.tory burch handbags outlet Could there then be a better way to tone up when the only fitness aid you need is a pair of MBT shoes? tory burch heels MBT shoes can have a beneficial effect on the entire body and MBT shoes are said to enhance both training and massage effects on the body.tory burch flats Here are a few reasons why: All you need to do is start walking. Walking is probably one of the , most popular, tory burch flats cheap simplest, cheapest and enjoyable recreational activities one can find. Walking alone improves circulation, boosts your immunity, strengthens the performance of the lungs and heart, betters your mood, improves muscle tone and gets you out of the house.tory burch wallet Add a pair of Mbt shoes to the equation and many of the benefits are magnified and mbt schuhe muscles, not often used, start to be trained.

    BalasHapus