Rabu, 14 Juli 2010

Kehebatan Lacak PT Pos Indonesia


"Mbak, kiriman saya kok belum sampai ya? Dikirim pakai apa sih mbak?"

Demikian salah satu pelanggan kami menyampaikan keluhannya. Kaget juga menerima protes tersebut, karena pesanan pelanggan ini sudah lama dikirim pakai paket pos. Kami sempat berfikir yang tidak-tidak dengan PT Pos Indonesia. Untuk pelanggan ini kami memang menggunakan jasa PT Pos karena termasuk paling efisien.

Langsung saja kami berusaha mencari tahu dengan cara menghubungi PT Pos Bekasi. Kami juga menghubungi Kantor Pos Pusat di Bandung. Tapi sayang sekali karena telponnya terlalu kemresek sehingga tidak dapat didengar, juga tidak ada yang mengangkat.

Akhirnya setelah beberapa kali berusaha, Kantor Pos Bekasi mengangkat panggilan kami. Dari kantor Pos Bekasi inilah kami dipandu untuk melacak kiriman via web.

Saya cukup kagum. PT Pos Indonesia ternyata sekarang sudah beda. Layanan lacaknya tidak kalah dengan perusahaan kurir kelas dunia. Paket kami tercatat rapi dari jam ke jam: Mulai dari jam berapa kami memasukkan ke kantor pos, jam berapa paket di bawa ke kantor lanjutan, jam berapa paket diantar ke alamat tujuan, dan seterusnya sampai kiriman diterima di tempat tujuan. Nama penerima pun juga tercatat di sana.

Dan kami pun dengan mudah bisa memberi laporan kepada pelanggan kami bahwa paket sudah sampai dan diterima tanggal sekian jam sekian oleh si 'anu'.

Saya betul-betul salut dengan layanan lacaknya. Luar biasa. PT Pos sebagai produk lokal sudah bisa dibanggakan. BUMN Jasa ini sudah berfikir global. Semoga layanan bagus ini terus bertahan. Kalau masih ada yang perlu dikritisi adalah layanan panggilan telponnya atau call center. Belum ada call center. Kalau kita ada masalah harus telpon ke mana. Pusat layanan telponnya belum ditangani dengan baik...

Ayo PT Pos, PR ini cukup mendesak...

1 komentar:

  1. barang kiriman saya tertahan di bea cukai kantor pos pasar baru sudah seminggu lebih belum ada kabarnya

    BalasHapus