Senin, 25 Februari 2013

Tari Bedhaya Ketawang




Tari Bedhaya Ketawang merupakan tari sakral Surakarta yang menceritakan percintaan antara Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Bedhaya Ketawang bisa dikatakan tari erotis. Gerakan-gerakannya mengandung birahi. Namun dikemas dengan halus, lembut, dan mengalir sesuai iringan gendhing Ketawang yang akan mampu membius penontonnya serta membawanya ke suasana yang berbeda sesuai imaji masing-masing.

Tari Bedhaya Ketawang hanya boleh dipentaskan setahun sekali, yaitu pada saat Jumenengan Ndalem (penobatan raja). Latihannya pun hanya pada hari tertentu, yaitu hari Selasa Kliwon. Setiap latihan, harus ada penari cadangan. Karena bila saat hari H, ada penari yang datang bulan, penari cadangan tersebut bisa menggantikannya.

Tari Bedhaya Ketawang merupakan simbol kesuburan. Hal itu terlihat pada kostum dodot kampuh ageng warna hijau dengan motif alas-alasan.


Dalam melaksanakan tugasnya para penari Bedhoyo Ketawang yang berjumlah sembilan orang penari putri ini harus dalam keadaan bersih secara spritual (tidak dalam keadaan haid). Selain itu beberapa hari sebelumnya para penari diwajibkan untk berpuasa. 

Komposisi penari Bedboyo Ketawang terdiri dari, Endhel, Pembatak, Apit Najeng, Apit Wingking, Gulu, Enhel Weton, Apit Meneng, Dadha dan Buncit. Dari ke sembilan penari tersebut, Pembatak dan Endhel sangat memegang peranan panting. Pada salah satu adegan, kedua penari ini melakukan adegan percintaan. 

Ditelaah dari syair yang dilantunkan oleh Sindhen dan Waranggana, tari Bedhaya Ketawang ini menggambarkan percintaan antara raja Mataram dengan Kanjeng Ratu Kencanasari. Hanya saja semuanya diwujudkan secara abstrak dan sangat simbolis. 

Karena pertunjukan tari Bedhaya Ketawang bertujuan mereaktualisasikan hubungan cinta secara spiritual antara Raja Mataram dengan Ratu Kencanasari maka kebanyakan sesaji yang ditempatkan di beberapa nampan berupa busana serta alat-alat kecantikan.

sumber: @fp_kotasolo, keratonsurakarta
foto     : kompasiana

1 komentar:

  1. tolong info untuk TDA Banjarmasin
    di mana saya bisa menghubinginya..

    trim

    zeroan_ddt@yahoo.co.id

    BalasHapus