Kamis, 02 Desember 2010

Batik Motif 'Kinahrejo' Laku Rp 51 Juta

Batik tulis motif "Kinahrejo" karya Romi dari Pekalongan terjual Rp 51 juta dalam acara lelang yang diselenggarakan di Plasa Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/2010).

Pemenang lelang adalah Menteri Perindustrian dan Perdagangan MS Hidayat, yang sebelumnya membuka pameran batik bertajuk "Jawa Tengah Inspirasi Batik Indonesia" tersebut.

Menurut Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah di Jakarta, dana yang terkumpul dalam acara lelang akan disumbangkan kepada korban letusan Gunung Merapi di Jawa Tengah.

"Kami melelang sejumlah kain batik motif khusus, yakni batik tulis motif 'Merapi' dan motif 'Kinahrejo'," ujarnya.

Ia menjelaskan, batik tulis tersebut merupakan karya desainer lokal yang menaruh perhatian terhadap bencana Merapi.

"Bencana tersebut tidak hanya merenggut ratusan nyawa manusia, tetapi juga tempat tinggal dan mata pencaharian warga sekitar lereng Merapi," tambahnya.

"Diharapkan, hasil lelang ini dapat digunakan untuk membantu korban bencana dan mengembalikan geliat perekonomian di daerah-daerah yang terkena bencana Merapi," terangnya.

Selain kain batik motif "Kinahrejo", kain batik motif "Merapi" karya Batik Omar terjual dengan harga Rp 35 juta dan Rp 25 juta.

"Ada juga kain batik motif ’Wedhus Gembel’ karya Suyatno dari Yogyakarta yang nantinya akan dilelang. Namun, saat ini batik tengah dalam proses pengerjaan," tandas Euis.

sumber: kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar