Senin, 19 Mei 2008

Workshop E.D.A.N yang 'Edan' Tenan

"Tidak ada yang kebetulan di dunia ini."

Saya setuju dengan pendapat tersebut. Dulu saya pernah mempercayai adanya banyak kebetulan yang kita temui.

Dalam hidup kita sering menemui banyak 'kebetulan'. Sering ketika kita menginginkan sesuatu tiba-tiba menemui 'kebetulan' yang kita inginkan.

Tetapi tidak sedikit pula kita bertemu dengan 'kebetulan' yang sama sekali tidak kita inginkan.

Menyikapi undangan yang ditujukan kepada saya untuk berbicara di forum PPBI (Pekan produk Budaya indonesia) 2008, saya sempat dihinggapi rasa was-was, ragu-ragu, deg-degan, dan sebagainya. Maklum, forum itu adalah forum nasional. Pembicara yang diundang adalah orang-orang yang paling kompeten di bidangnya. Di sini lah saya merasa ragu-ragu.

Saya merasa sangat bersukur ketika sehari menjelang Power Workshop EDAN diadakan, saya diajak untuk mengikuti seminar ini. Semula saya merasa agak berat berhubung hari Sabtu saya ada acara. Namun setelah dinegosiasikan, saya berhasil menggeser acara saya.

Meski datang terlambat saya masih bisa mengikuti materi pendahuluan. Workshop yang diadakan dua hari itu ternyata telah mampu mengubah banyak pandangan saya.

Saya berhasil meningkatkan rasa percaya diri dengan signifikan. Workshop ini juga mampu menggali potensi setiap orang. Potensi kita akan dimunculkan sedemikian rupa sehingga kita memang berhak menyandang predikat sebagai Manusia Kredibel. Setiap manusia mempunyai keunikan. Keunikan ini lah yang akan digali sehingga masing-masing kita adalah yang terbaik.

Sebuah 'kebetulan'. Ketika saya membutuhkan rasa pede yang besar, saya dipertemukan dengan workshop yang membuat kita menjadi manusia sangat pede.

Eh... Kebetulan itu sebenarnya tidak ada. 'Kebetulan' itu akan datang seiring dengan sikap dan perbuatan serta komitmen kita masing-masing.

Alam semesta dan seisinya yang begitu rumit diciptakan Tuhan dengan sangat teliti, akurat, dan sempurna. Tidak mungkin alam semesta tercipta secara kebetulan. Begitu pula beragam interaksi di dalamnya juga berlangsung secara ter-proses. Tidak ada yang kebetulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar