Kamis, 28 Juni 2007

Hukum Newton I


Dulu waktu sekolah saya masih ingat Hukum Newton I. Intinya, kalau benda dalam kondisi diam maka dia akan diam selamanya. Sedangkan kalau benda dalam kondisi bergerak maka dia akan bergerak selamanya.

Rupanya fenomena ini berlaku untuk semua benda. Tidak terbatas pada benda mati tapi juga berlaku buat makhluk hidup. Hukum Newton I itu akan efektif bila kondisi lingkungan dalam keadaan tanpa bobot alias tidak ada variabel lain yang mempengaruhi.

Di ruang tanpa atmosfir kita semua tahu benda yang "terlanjur" bergerak akan terus bergerak selamanya. Dia tidak akan berhenti kecuali ada yang menghentikan. Bagitu pula kalau kondisinya diam, maka dia akan diam selamanya.

Nah, di SmartFM hari Selasa kemarin ada yang menarik. Dalam rubrik yang dibawakan oleh Red Piramid (jam 8.00-9.00) diterangkan mengapa ada resistensi dari karyawan atau tim terhadap perubahan yang coba kita lakukan. Perubahan demi kondisi yang lebih baik.

Nah ternyata kondisi status quo adalah kondisi yang paling nyaman. Kondisi comfort zone. jadi orang cenderung menolak perubahan bila perubahan itu dirasa mengganggu kenyamanan. Padahal kenyamanan yang dirasakan sekarang adalah kenyamanan semu. Jadi kondisi status quo (kondisi diam) akan cenderung menjadi diam selamanya. Padahal lingkungan sekitar terus bergerak. Alhasil kalau tidak mengikuti pergerakan akan terlindas oleh pergerakan zaman.

Sekarang bagaimana supaya kita tidak terjebak pada comfort zone? Ya harus selalu bergerak terus. Tidak peduli apakah pergerakan itu cepat atau lambat, pokoknya harus terus bergerak. Jangan pernah berhenti. Berhenti adalah kondisi yang sangat berbahaya.

Sekarang bayangkan mobil yang berada di tanjakan. Mobil tidak akan mengalami masalah kalau dia bergerak terus, meski lambat. Tapi bayangkan kalau mobil itu terpaksa diam di tanjakan. Energi yang diperlukan untuk membuatnya bergerak maju jauuhhhh lebih besar dari pada jika dia terus bergerak. Itu kalau supirnya pinter. Tapi kalau "supirnya" masih pemula dan dia berhenti di tanjakan..... Wah jangan dibayangkan deh.

Jadi tugas kita adalah terus bergerak. Bergerak tapi punya tujuan (visi, misi, goal, dll). Kalau nggak punya tujuan, ya muter2 terus sampai kehabisan energi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar